Weekend With Lentera Negeri

Sebenarnya saya lebih enjoy menghabiskan weekend in the kos tercinta. Ah, bukan weekend doang pokoknya tiap tanggal merah atau hari libur bagi saya adalah waktunya berpuas-puas mengurung diri dalam kamar. Meski ujung-ujungnya saya belum pernah merasa puas dalam kesendirian. Karena kepuasan itu seperti apa? saya juga gak ngerti.

Satu hal yang membuat saya terpaksa rela beranjak dari tempat terindah saya di hari libur, hanya pada saat ada agenda di luar sana yang menggoda saya. Biasalah, sebagai mahasiswi yang tidak menganut paham 3K ( Kuliah, Kos, Kantin), jatah weekend saya sering direngut dengan seabreg kegiatan organisasi atau komunitas yang saya geluti.

Saya memang lebih suka sendiri namun di sisi lain hasrat saya untuk bersosialisasi atau menjadi aktivis pun tidak bisa di abaikan. Saya gak tahu kenapa saya lebih suka sendiri, tapi kalau di tanya kenapa saya suka berorganisasi atau terlibat dalam suatu komunitas yang orientasinya pada kemashlahatan umat alias mengedepankan unsur sosialitas maka jawaban saya hanya satu. Panggilan jiwa. Hahaha, iya mungkin ini agak lebay, tapi begitulah adanya. Ngapain coba saya korbankan waktu libur ikut kegiatan yang secara materi (mungkin) tidak menguntungkan? Mending waktunya saya pake mengumpulkan peluang dalam ajang giveaway atau lomba nulis lainnya yang sedang berserakan di dumay, mhuahaha. Mengumpulkan pengalaman itu juga penting. Makanya saya gak pernah merasa rugi meskipun dalam seminggu dari senin - ahad saya jarang mencicipi yang namanya libur.

Nah, seperti hari ini, saya memilih mewarnai weekend pertama di tahun 2014 dengan mengikuti kegiatan English Fun Day ( singkat : EFD) bersama para relawan dan adik-adik di sekolah negeri yang diadakan oleh komunitas (lembaga sosial) Lentera Negeri.
 
Info Kegiatan EFD akan di mulai pukul 09.00-16.00 WITA, dan saya baru datang sekitar satu jam lebih atau hampir dua jam lewat dari pukul 09.00. Ckckck. Harap maklum karena itu ketelatan yang di sengaja *upst. Pasalnya pagi-pagi sekali saya sudah berkutat kembali dengan laporan PPL yang dari semalam di susun belum kelar-kelar juga. Kemudian sebelum berangkat ke gedung IPTEKS kampus Unhas lokasi kegiatan EFD berlangsung saya musti putar-putar dulu nyari tempat jilid skripsi. Setelah laporan PPL saya mendarat dengan aman di tempat penjilidan baru deh saya lets go.

penampakan laporan PPL saya
Sesampai di lokasi EFC, saya kebingungan, gak tahu mau ngapain. Beberapa volunteers bareng adik-adik negeri sudah berpencar dan bentuk kelompok masing-masing. Sementara saya? cuma duduk, bengong, ngeliatin, mencet-mencet hape. Plisss deh baru sampe dan saya pengen pulang aja. Huuuu siapa suruh telat. Padahal saya juga pengen... #ahsudahlah

Betewe, karena ini kali pertama saya datang dan bertemu volunteers lainnya (selain Wiwi) termasuk Kak Arsyad dan kak Arnis selaku pendiri Lentera Negeri, kaku dan canggung masih menyergap. Mungkin karena dasarnya saya tipikal orang yang gak bisa #SKSA (Sok Kenal Sok Akrab) kali yeee.

Apalagi sebagian besar atau hampir semua adik-adik negeri yang hadir di EFD dari kelas A dan kelas B. Kelas C mana? Duuuuhhh tidak ada yang datang, pantesan adik-adiknya belum ada yang mengenali wajah saya, kan saya belum pernah ngajar di kelas A dan kelas B.  Baiklah, karena saya gak kebagian job ngasih conversation ke adik-adik mending saya memposisikan diri sebagai kameramen.

Selanjutnya biar foto di bawah ini yang berbicara:-D

hai kakak-kakak kami lagi asyikk belajar nih
lagi diajar kakak volunteer itu menyenangkan lho^^
hai-hai ini kami belajar sambil nyanyi dan keliling-keliling ruangan gitu. Seruu yaaakk!!!
udah belajar conversation kita foto bareng dulu dengan gaya anak negeri. Manis kan kak:)
waaahh kalau yang ini kami lagi ikut games tebak-tebakan dari kakak volunteers
lagi mendengarkan kakak volunteers memberi arahan

Overall, kegiatan EFC ini keren lho. Adik-adiknya tidak dituntut serius mencatat dan menerima materi. Pembelajarannya sengaja di kemas semenarik mungkin, belajar sambil bermain dengan kondisi ruangan ikut mendukung, tanpa sekat dinding, di pinggir danau pula, jadi belajarnya lumayan rileks, serasi lah dengan nama kegiatannya English Fun Day. Setelah conversation, lanjut dengan games. Di sini adik-adik dari tiap kelompok diajak bermain tebak-tebakan english. Setiap kelompok saling bersaing. Pemberian score berdasarkan hasil tebakan. Tebakan yang paling banyak dapet "true" lah, yang berhak mendapat juara dan hadiah. Pokoknya seru dah. Atmosfir keceriaan yang ditampakkan adik-adik berasa banget, sampai terpercik pula ke saya.

Yeah! semoga setelah mengikuti EFD ini, adik-adik negeri termotivasi dan makin semangat belajar bahasa dunia. Tentu, sebagai volunteer saya juga gak mau kalah dong

Cc : kak Syahid Arsjad,  Arnis Puspitha, kak Muhammad Nur, Bonita Lorosae, Baso Hamdani, Winarsi Apriastuti Aswan, serta volunteers lainnya. Thanks for this day^^

Sekian, kisah ini tergores.

Makassar, 05 Januari 2014
Di malam yang basah


     

7 komentar untuk "Weekend With Lentera Negeri"

Comment Author Avatar
duh seneng lihatnya anak2 mbak....


indonesia mah selalu telat, jamnya karet -___- apalagi 2 jam. karet molor namanya hahhaha
Comment Author Avatar
weekend yang nggak sia-sia zie, di isi dengan kegiatan bermanfaat buat sesama kek gitu.
terusin lah, kapan2 gue juga pengen bikin kaya begituan haha :))
Comment Author Avatar
aduh zhie..aku iri-banget tiap kamu ada kegiatan kayak gitu,...aku pengen banget ikutan jadi sukarelawan...
the art of helping ya...meskipun banyak kekurangan termasuk fasilitas, tapi bisa tetep happy...ak saluuut...aaa...
moga aku cepet bisa jadi kayak gitu...aminn...
Comment Author Avatar
Kak Zhie asik nih kegiatannya, aku juga pengen ikutan kegiatan kaya gini tapi belum punya bisa memulai...

Kemaren ada sih rencana gitu, tapi sayang itu hanya sebatas rencana belum bisa terealisasikan. Sometime pasti terealisasikan, secepat mungkin :D

Ada kebahagiaan tersendirigitu kak kalo udah berbagi dengan anak-anak kyk gitu :)
Comment Author Avatar
perasaan aku kemarin udah komen di sini tapi kok ga muncul ya hadeewww

wowo Zhie kegiatan kamu tuh seru-seru yaaa
dulu waktu kuliah aku gak ada EFD jadinya pengin ngrasain jadi volunter juga
Comment Author Avatar
kak zhie keren ya, setelah lama banget ngejomblo akhirnya kegiatan-kegiatan positif berdatangan, cieehh.. semangat kak! jadilah bermanfaat untuk sesama :D moga kak Zhie rejekinya lancaaarrrrrrr
Comment Author Avatar
yapss belajar diruangan kayak gitu emang lebih asyik kayaknya, seru juga tuh rame-rame belajar sambil bermain jadi gak ngebosenin. weekend nya dapat kegiatan yg positif banget, pantes ditiru nih, ehmm eehmm

Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Kamar Kenangan @siskadwyta. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

Note :

Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.